16:20 WIB
Kamis, 23 Oktober 2014
Selasa, 29 November 2011 15:12 WIB

Miss Universe Khusus Muslimah Digelar Di Jakarta

Karta Raharja Ucu
Ilustrasi, aktris Asmiranda saat mengenakan jilbab
Ilustrasi, aktris Asmiranda saat mengenakan jilbab

Sebuah perusahaan nirlaba 'Indonesia Islamic Fashion Consortium', menggelar kontes kecantikan atau Miss Universe khusus untuk para muslimah.

JAKARTA, Jaringnews.com - Bagi sebagian wanita, mungkin bisa mengikuti kontes kecantikan sejagad Miss Universe adalah sebuah impian. Sayangnya, dengan adanya peraturan dan sesi lomba memakai baju renang atau bikini, membuat sebagian wanita, khususnya para muslimah, urung melanjutkan mimpinya. Untuk memuaskan impian tersebut, sebuah perusahaan nirlaba 'Indonesia Islamic Fashion Consortium' menggelar kontes Miss Universe serupa, namun khusus untuk para muslimah (wanita beragama Islam).

Entah apa motivasi panitia penyelenggara menggelar kontes tersebut. Pasalnya, dalam agama Islam, jilbab berfungsi untuk menutupi aurat --dalam hal ini rambut dan lekuk bentuk payudara--. Tak ayal, sebagian masyarakat mencibir dan menilai kontes tersebut sebagai penyelewangan terhadap fungsi utama jilbab itu sendiri.

Sebab, meski kontes yang digelar secara online itu mengharuskan para pesertanya bisa membaca Al-Quran dalam bahasa Arab, namun kontes itu mengkhianati kewajiban wanita untuk tidak mengumbar kecantikan kepada umum.

Tetapi dugaan dan tudingan tersebut dibantah Direktur eksekutif 'Indonesia Islamic Fashion Consortium', Eka Shanty. Nantinya para pemenang akan menjadi ikon fashion dan kecantikan perempuan muslim muda di Indonesia.

Acara ini juga diharapkan dapat menarik semua dunia Muslim, yang diadakan di negara dengan penduduk Muslim terbesar. "Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia. Itulah mengapa juga harus menjadi Mekkah untuk kecantikan dan fashion muslim di dunia. Mereka juga akan mewakili kaum perempuan Muslim Indonesia untuk dunia pada umumnya," kilahnya.

Eka mengatakan, kontes tersebut adalah kontes kecantikan Islam pertama di dunia yang digelar secara online. Dalam kontes Miss Universe, ada parade para kontestan memakai gaun. Tapi dalam kontes ini, tubuh mereka semua tertutup. Tidak menunjukan kulit mereka, kecuali wajah dan tangan."

Pekan lalu, 10 wanita muda yang mengenakan gaun yang dipadu jilbab berwarna-warni dan duduk di lantai sembari membaca ayat-ayat Al-Quran terlihat di Grand Ballroom Puri Agung, Jakarta Barat.

Kesepuluh wanita muda itu adalah finalis kontes kecantikan Miss Universe Muslimah 2011 yang digelar untuk perempuan muslim muda di Indonesia. Tujuannya untuk mengenali keindahan dan potensi perempuan muda yang mengenakan jilbab.

Kesepuluh wanita muda itu berhasil menembus 10 besar setelah setidaknya menyingkirkan 1.170 orang yang mendaftar via online di situs media sosial Web DetikForum.com.

Selain bisa membaca Al-Quran, panitia kontes memiliki kriteria atau syarat-syarat yakni, perempuan Muslim Indonesia antara usia 18 hingga 24 tahun, dan tinggi minimal 165 centimeter, memakai jilbab, menguasai bahasa asing, good looking.

Para finalis yang terpilih dikarantina di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat pada 11-12 September. "Kami menyebutnya masa karantina Manasik Kecantikan Hati atau ritual untuk kecantikan bantin. Selama periode ini, semua kandidat shalat tahajud dilakukan (doa pagi) pada pukul 3 pagi dan mempelahari Al-Quran bersama-sama.

(Kru / Kru)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini