20:58 WIB
Sabtu, 22 November 2014
Senin, 6 Mei 2013 18:03 WIB

100 Tahun Bollywood, 4 Sutradara Produksi Film Bombay Talkies

JaringNews
Film India tumbuh pesat menembus industri film dunia berikut aktris dan aktornya seperti Shahrukh Khan (Foto - facebook)
Film India tumbuh pesat menembus industri film dunia berikut aktris dan aktornya seperti Shahrukh Khan (Foto - facebook)

Film India pertama yang berjudul Raja Harishchandra dirilis pada 1913

NEW DELHI, Jaringnews.com - Industri film Hindi di India yang sangat populer, Bollywood, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

Tertinggi di dunia berdasarkan jumlah film yang diproduksi dan tiket yang terjual, industri ini memproduksi hampir 1.500 film pada 2012. Industri ini diperkirakan tumbuh dari US$2 miliar atau setara dengan Rp 19,4 Triliun menjadi $3,6 miliar dalam lima tahun ke depan, seperti dilansir Voa (6/5).

Untuk merayakannya, empat sutradara kenamaan India membuat film berjudul Bombay Talkies.

Film India pertama yang berjudul Raja Harishchandra dirilis pada 1913. Film itu disutradarai oleh Dhundiraj Govind Phalke yang dijuluki Bapak Sinema India.

Keempat sutradara yang berada di belakang Bombay Talkies adalah Karan Johar, Anurag Kashyap, Zoya Akhtar, dan Dibakar Banerjee.

Bombay Talkies adalah gabungan empat film pendek yang dibintangi sejumlah nama besar Bollywood. Film itu sudah mulai ditayangkan di bioskop pada Jumat (3/5).

(Mys / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini