07:39:16 WIB
Sabtu, 22 Juli 2017
Minggu, 19 Maret 2017 , 11:25 WIB

Iman Nahrawi: Madiun Itu Kampung Pencak Silat Dunia

Widyastuti Padmarini
82578-Aksi jawara pencak silat di Bekasi Expo 2016, pelataran parkir Summarecon Mal Bekasi, Minggu, 13/3 (Jaringnews/Johannes Sutanto de Britto).
Aksi jawara pencak silat di Bekasi Expo 2016, pelataran parkir Summarecon Mal Bekasi, Minggu, 13/3 (Jaringnews/Johannes Sutanto de Britto).

"Kalau Bali merupakan destinasi wisata maka Madiun akan menjadi destinasi pencak silat dunia," ujarnya di Madiun.

MADIUN, Jaringnews.com - Menpora Imam Nahrawi mengatakan Kabupaten Madiun bakal memiliki julukan ini yaitu kampung pencak silat dunia.

"Kalau Bali merupakan destinasi wisata maka Madiun akan menjadi destinasi pencak silat dunia," ujarnya di Madiun.

Ia menegaskan ini adalah peluang besar mengingat Madiun memiliki banyak perguruhan yang saat ini sudah tergabung dalam satu wadah yaitu Paguyuban Kampung Pesilat.

Peluang pencak silat untuk lebih dikenal ke kancah internasional saat ini memang terbuka mengingat olahraga bela diri asli Indonesia ini akan dipertandingkan pada kejuaraan empat tahunan terbesar di Asia yaitu Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Di Madiun sendiri kini ada 11 perguruan pencak silat yang semuanya memiliki massa yang besar, antara lain Persaudaraan Setia Hati Terate, Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo, Persaudaraan Setia Hati Tuhu Tekad, IKS Kera Sakti, Ki Ageng Pandan Alas, Tapak Suci, Pro Patria, Persinas ASAD, Merpati Putih, Pagar Nusa dan Cempaka Putih.

Bupati Madiun Muhtarom pun menyambut baik apa yang menjadi rencana Menpora Imam Nahrawi. Bahkan pihaknya memiliki program yang lebih besar, yaitu menjadikan pencak silat sebagai industri.

Ia ingin pencak silat menjadi industri pariwisata sekaligus menjadi cabang olahraga prestasi yang pantas untuk dibanggakan.

( Wid / Deb )

Komentar