07:22 WIB
Sabtu, 2 Agustus 2014
Rabu, 5 September 2012 16:50 WIB

Menpora Bantah Prestasi Olahraga Tanah Air Menurun

Suci Astuti
Andi Mallarangeng (Jaringnews/Ralian Manurung)
Andi Mallarangeng (Jaringnews/Ralian Manurung)

"Kebetulan saja prestasi bulutangkis kita sedang dalam titik nadir," katanya.

JAKARTA, Jaringnews.com - Menpora Andi Mallarangeng membantah anggapan terjadi penurunan prestasi olahraga Tanah Air di sejumlah pesta olahraga nasional dan internasional.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI, dia mengklaim prestasi olahraga Indonesia saat ini justru sedang naik hampir di semua cabang, meski untuk cabang bulutangkis--yang merupakan cabang unggulan--berada di titik nadir.
 
"Semakin tahun kita semakin menanjak prestasinya, mari kita lihat event olahraga internasional yang ada," ujar dia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/9).

"SEA Games kita kembali jadi juara umum setelah 14 tahun, kemudian Asian Games kita juga prestasinya meningkat, jumlah emas dan medalinya meningkat. Dari peringkat 22 sekarang kita peringkat ke-15. Asian School Games untuk junior kita juga dari nomor 4 sekarang nomor 2. Apalagi Paralympic juga kita alhamdulillah kemarin dapat perunggu pertama kali. Cuma khusus Olimpiade biasanya, kita tidak dapat emas," urai dia.

Dia menilai, di Olimpiade, Indonesia tak bertumpu pada satu cabang olahraga saja, yakni bulutangkis. "Kebetulan saja prestasi bulutangkis kita sedang dalam titik nadir," katanya.

Andi mengaku, pihaknya terbuka dalam seluruh program kepemudaan. Dia pun meminta DPR tidak mengurangi anggaran di Kemenpora. "Kami sangat terbuka untuk berbagai macam program kepemudaan ke depan. Harapan saya bukan dengan mengurangi anggaran keolahragaan, tetapi anggaran kepemudaan itu sendiri dinaikkan," pinta dia.

(Sat / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari