13:39 WIB
Rabu, 23 April 2014
Sabtu, 17 Desember 2011 11:07 WIB

9 Jaksa Rebutan Kursi Jampidum Dan Intel

Helena Tan
Kejaksaan Agung RI
Kejaksaan Agung RI

Yang cukup berpeluang jadi suksesor Hamzah Tadja dan Edwin adalah pejabat eselon I Kejagung yang usianya masih memungkinkan.

JAKARTA, Jaringnews.com - Tujuh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) dan Dua Pejabat Eselon I Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal berebut kursi Jaksa Agung Muda (JAM) Intelijen dan Pidana Umum yang tak lama lagi akan memasuki usia pensiun.

Bekas JAM Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Alex Sato Bya mengatakan, sesuai aturan baku yang berlaku di Kejagung, maka kandidat yang diproyeksi menempati JAM Intel dan JAM Pidum adalah tujuh Kajati Tipe A dan pejabat senior di Kejagung setingkat Eselon I. Mereka adalah Kajati Sumatera Utara (Medan), DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan (Palembang). Adapun dari pejabat Kejagung yakni para pejabat Sesjam dan Kepala Badan Diklat Kejagung yang sudah eselon I.

Para Sesjam dan Kajati-kajati itulah yang akan dilihat track record-nya, kemudian diolah Jaksa Agung untuk kemudian diusulkan ke Presiden. “Memang ada kesan dari masyarakat bahwa di Korps Kejaksaan itu ada perebutan JAM. Tapi sebenarnya tidak ada karena mekanismenya sudah baku,” kata Alex, Sabtu (17/12).

Namun Alex berpendapat, dari para kandidat itu, yang cukup berpeluang jadi suksesor Hamzah Tadja dan Edwin adalah pejabat eselon I Kejagung yang usianya masih memungkinkan.

"Kepala Badan Diklat Kejagung, Mahfud Manan dan Widyo Pramono, Sesjampidum.Saya lihat dua itu yang berpeluang untuk gantikan Jampidum sama Jamintel. Dan Mahfud pengalaman intel juga sudah cukup. Dia kemampuan intel juga ada,” tambah dia.

Sebagaimana diketahui,Wakil Jaksa Agung mengatakan akan ada JAM yang tidak lama lagi memasuki usia pensiun karena telah menginjak usia 59 tahun. Namun Darmono tidak mau menyebut nama JAM yang akan dicarikan penggantinya, dengan alasan lupa.

Tapi yang jelas, berdasarkan profil pejabat Kejagung, diperoleh bahwa kedua pejabat itu adalah JAM Intel Edwin P Situmorang dan Hamzah Tadja. Edwin lahir pada Oktober 1952 sementara Hamzah Tadja, Agustus 1952. Kedua pejabat itu kini berusia 59 tahun.

(Hal / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini