23:49 WIB
Jumat, 31 Oktober 2014
Jumat, 19 Juli 2013 21:40 WIB

Tangerang dan Bekasi Tertinggi Tingkat Kejahatan

Ralian Jawalsen Manurung
Ilustrasi
Ilustrasi

Kejahatan dengan menggunakan senjata api makin meningkat.

JAKARTA, Jaringnews.com - Wilayah Tangerang terbilang cukup rawan, kemudian disusul wilayah Jakarta Timur, dan ketiga tingkat kerawanan berada di wilayah Jakarta Selatan.

Tingkat kerawanan tertinggi berupa perampokan, pencurian, atau pemerasan. "Biasanya tingkat kejahatan terjadi sebelum Lebaran berupa ketertiban masyarakat antara lain pencurian," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/7).
 
Namun, jelasnya, secara kualitas tingkat kejahatan masih diduduki Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Yang dimaksud kategori kejahatan dari segi kualitas berupa pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor dan penganiayaan berat.

Menurutnya, tingkat kerawanan paling tinggi di wilayah perbatasan. Pasalnya, para pelaku lebih mudah melarikan diri bila beraksi mengahadapi penjahat. Disamping itu, para pelaku kejahatan beraksi dengan cara memetakan wilayah kejahatan tersebut.

Dan juga, senjata yang digunakan oleh para pelaku pun berupa, sebelumnya menggunakan senjata tajam, namun kini beralih dengan menggunakan senjata api yang banyak digunakan para pelaku kejahatan.
 
"Penggunaan senjata api belakangan ini meningkat sekitar 10 persen, dengan mengunakan mayoritas senapan rakitan sehingga sulit dideteksi penjualannya," ujarnya.

(Ral / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini