09:24 WIB
Senin, 21 April 2014
Rabu, 22 Mei 2013 12:02 WIB

15 Tahun Reformasi, Amien Rais: Korupsi Merajalela

Ralian Jawalsen Manurung
Amien Rais  (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Amien Rais (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

Ia optimis reformasi akan berjalan baik.

JAKARTA, Jaringnews.com  - Salah satu tokoh reformasi 1998,  Amin Rais mengemukakan, tidak semua perjalanan reformasi gagal total.

"Saya optimis reformasi akan berjalan dengan baik. Dulu ke arah sentralisasi, berpusatnya kekuasaan, kini ke sistem otonomi daerah (Otda)," ujar Amien Rais di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (22/5).

Menurutnya, dalam sistem sentralisasi yang kaya adalah pusat. Mereka mengeruk kekayaan daerah ke Jakarta. Namun, dengan Otda, kekayaan daerah bisa dikelola dengan baik.

"Dan juga jatah 30 persen kursi TNI pada masa Orde Baru, kini tidak berpolitik," tegas Amin. Dia mengatakan, kebebasan pers juga sangat dirasakan oleh masyarakat dan  UUD 1945 sudah amandemen empat tahapan.

Namun diakui oleh mantan Ketua MPR RI ini, dalam penegakan hukum masih terjadi tebang pilih. Pasalnya, penegakan hukum tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

"Korupsi masih merajalela dan masih perlu dibenahi. Sumber daya alam sampai saat ini masih dinikmati asing," ujarnya. Amin mengatakan, tiga hal tersebut yang masih perlu dibenahi oleh pemerintah sekarang.

(Ral / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini