18:48 WIB
Selasa, 30 September 2014
Rabu, 15 Mei 2013 18:49 WIB

Hasil Quick Count SMRC Pemilukada Bali Belum Ada Pemenangnya

Sri Lestari
Hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) (Jaringnews/Sri Lestari)
Hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) (Jaringnews/Sri Lestari)

Perolehan suara pasangan PAS dan PASTIKERTA tidak berbeda signifikan.

DENPASAR,  Jaringnews.com - Perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting ( SMRC ) terhadap Pemilukada Bali yang berlangsung hari ini menyatakan tidak ada pasangan calon yang diprediksi menjadi pemenangnya. Hal ini karena hasil perhitungan cepat kurang dari 2%.  

"Diperkirakan toleransi kesalahan atau margin error plus minus 1 persen. Artinya suara calon hasil quik count ini, pada faktanya yang kami lakukan hanya mengambil sampel beberapa TPS, karena hasilnya selisih kurang dari 2 persen, maka hasilnya tidak dapat dipergunakan memprediksi siapa yang menang dan siapa yang salah," kata Deni Irvani, Peneliti SMRT ketika konferensi pers, Denpasar, Rabu( 15/5).

Hasil quick count menunjukkan pasangan calon Puspayoga-Sukrawan (PAS) memperoleh suara 50,31% dan Pastika-Sudikerta ( PASTIKERTA ) memperoleh suara 49,69%. Secara statistik, perolehan suara pasangan PAS dan PASTIKERTA tidak berbeda signifikan, karena selisihnya didalam rentang margin of error quick count.

"Karena itu semua pihak harus menunggu perhitungan manual dari KPU yang kemungkinan beberapa hari lagi akan terlihat ditingkat provinsi. Untuk itu semua pihak harus mengawal kertas suara dengan baik agar jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Quick count yang mengambil 400 sampel TPS yang tersebar secara proporsional di setiap Kabupaten/kota di provinsi Bali mengunakan metode kombinasi Stratified-cluster random Sampling.  Walaupun belum bisa memprediksi pasangan mana yang memenangkan Pilkada Gubernur Bali 2013, tapi dapat melihat tingkat partisipasi masyarakat mencapai 73,63%.

(Sri / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini