11:11 WIB
Senin, 28 Juli 2014
Selasa, 19 Februari 2013 13:43 WIB

Gelombang Tinggi, Pelayaran di Jepara Dihentikan Sepekan

Rhobi Shani
Kapal nelayan dan KMP Muria bersandar di Dermaga Pantai Kartini Jepara (Jaringnews/Rhobi Shani).
Kapal nelayan dan KMP Muria bersandar di Dermaga Pantai Kartini Jepara (Jaringnews/Rhobi Shani).

Ketinggian gelombang di perairan Jepara mencapai 2 hingga 4 meter.

JEPARA, Jaringnews.com – Tingginya intensitas curah hujan dan kencangnya angin dalam sepekan terakhir di Jepara, membuat ketinggian gelombang di perairan Jepara mencapai 4 meter. Akibatnya, sejumlah pelayaran dari Jepara menuju Karimunjawa atau sebaliknya dihentikan sementara sampai pekan depan.

”Hari ini (Selasa, 19/2) informasi dari BMKG Jawa Tengah tinggi gelombang di perairan Jepara mencapai 3,5 meter,” ujar Suntana, Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Jepara.

Ditemui di Dermaga Pantai Kartini Jepara, Suntana menambahkan, saat ini kondisi cuaca tidak dapat dipastikan. Kondisi kecepatan angin dan tinggi gelombang sewaktu-waktu dapat berubah. Jika pelayaran dari Jepara menuju Karimunjawa atau sebaliknya tetap dijalankan, dikawatirkan mengganggu perlayaran kapal itu sendiri.

”Contohnya kemarin (Senin, red) KMP Muria datang terlambat di Jepara sampai 5 jam,” katanya.

Lebih lanjut Suntana menambahkan, dalam sepekan kedepan diperkirakan ketinggian gelombang di perairan Jepara mencapai 2 hingga 4 meter. Dan kecepatan angin antara 15 sampai 17 knot/jam.

Saat ini, KMP Muria yang semestinya berlayar ke Karimunjawa pada Senin kemarin masih teronggok di Dermaga Pantai Kartini bersama kapal Express Cantika 99 dan puluhan kapal ikan milik nelayan.

(Rhs / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini