20:15 WIB
Jumat, 31 Oktober 2014
Jumat, 4 Januari 2013 11:22 WIB

Awas! Benih Sawit Palsu Banyak Beredar

Maya Selviani
Bibit kelapa sawit (Foto - ist)
Bibit kelapa sawit (Foto - ist)

Biasanya sang oknum mengaku sebagai orang perusahaan

KOTIM, Jaringnews.com - Peredaran benih sawit palsu di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) nampaknya semakin marak. Dari pemantauan Dinas Perkebunan setempat di 11 kecamatan, sudah banyak beredar benih sawit palsu yang dijual kepada masyarakat dengan harga yang relatif murah.

Kepala Disbun Kotim Sugianor mengungkapkan harga benih sawit palsu yang dijual mulai dari harga Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu per 200 kecambah. Artinya, harga per kecambah hanya sebesar Rp 1000 hingga Rp 1250.

Harga ini menurut Sugianor tentu lebih murah dari harga kecambah terendah resmi seperti milik Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan sebesar Rp 6 ribu.

Sementara untuk modus penyebaran benih palsu ini, menurutnya ada dua trik pemalsuan yang beredar yakni pertama dengan cara menawarkan bibit yang diklaim berasal dari sumber bibit legal. Kemudian untuk meyakinkan konsumen, oknum menunjukkan dokumen-dokumen aspal dengan mereplikasi sertifikat "tiran" layaknya sertifikat asli.

Kedua, yakni dengan menawarkan bibit asal sumber bibit yang tidak jadi digunakan oleh sebuah perusahaan tertentu. Biasanya sang oknum mengaku sebagai orang perusahaan dan oknum tidak saja menunjukkan dokumen aspal seperti sertifikat dari sumber bibit namun juga bukti DO dari sumber bibit kepada perusahaan bersangkutan.

"Peredaran bibit palsu umumnya berlangsung lebih mudah di kalangan petani yang tidak mengetahui betul seluk beluk prosedur mendapatkan bibit kualitas baik. Penipuan penjualan bibit palsu ini juga menurutnya seringkali diikuti dengan berbagai bentuk pemalsuan dokumen maupun kemasan," ungkap Sugianor.

Untuk itu Sugianor menghimbau kepada petani pekebun, PBS kelapa sawit di Kotim untuk selalu menggunakan bibit kelapa sawit unggul bermutu yang dihasilkan oleh sumber benih Pusat-Pusat Penelitian kelapa sawit dan perusahaan produsen bibit resmi.

(Mvi / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini