14:42 WIB
Sabtu, 25 Oktober 2014
Jumat, 19 Oktober 2012 18:15 WIB

BNP2TKI Sambut Positif Aturan TKI Boleh Pulang Mandiri

Nikky Sirait
Tenaga Kerja Indonesia saat di bandara.
Tenaga Kerja Indonesia saat di bandara.

Bagaimana dengan aturan yang mewajibkan TKI melapor ke Perwakilan RI di luar negeri sebelum melakukan kepulangannya secara mandiri?

JAKARTA, Jaringnews.com - Terhitung tiga bulan dari sekarang atau mulai akhir Desember 2012, TKI yang datang dari luar negeri yang melalui Bandara Soekarno-Hatta diperbolehkan langsung pulang ke tujuannya masing-masing, tanpa perlu transit di Balai Pendataan Kepulangan TKI Selapajang, Tangerang, Banten, yang selama ini difasilitasi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) No. 16/2012 tentang Tata Cara Kepulangan TKI dari Negara Penempatan Secara Mandiri ke Daerah Asal, yang diterbitkan pada 26 September 2012 lalu.

Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat mengatakan, pihaknya menyambut positif hal ini. Menurut dia, Permenakertrans tersebut merupakan upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepulangan TKI yang lebih mandiri sekaligus praktis.
 
Dengan terbitnya Permenakertrans itu, sambung dia, para TKI hanya akan diproses pendataan administrasi oleh petugas BNP2TKI meliputi identitas diri, permasalahan, termasuk perusahaan yang mempekerjakannya ke luar negeri di Bandara Soetta. Selanjutnya, TKI dapat mengurus upaya kepulangan sendiri sampai ke kampung halaman atau dengan dijemput pihak keluarga.
 
"Sesegera mungkin kami akan melakukan koordinasi antarlintas sektor melibatkan Kemenakertrans, pengelola manajemen bandara, kepolisian di lingkungan Bandara Soetta serta unsur pemerintah daerah guna menjamin aspek kelancaran pelayanan kepulangan TKI secara langsung dengan mengutamakan kemudahan, kenyamanan, keamanan, maupun keselamatan TKI hingga ke tempat asalnya," ujar Jumhur di Jakarta, Kamis (18/10).
 
Namun, sambung Jumhur, TKI juga tidak dilarang untuk menggunakan sarana transit BPK TKI Selapajang bila dibutuhkan. Pasalnya, gedung tersebut dibangun untuk keperluan pelayanan transit dan pendataan TKI bermasalah. BPK TKI Selapajang juga dilengkapi armada pengangkut kepulangan TKI berikut fasilitas pendukung kebutuhan lainnya.
 
Bagaimana dengan butir Permenakertrans yang mewajibkan TKI melapor ke Perwakilan RI di luar negeri sebelum melakukan kepulangannya secara mandiri? Kata Jumhur, hal itu masih dalam kajian BNP2TKI bersama unsur tertentu. Dia mengungkapkan, sebelumnya hampir tidak ada TKI yang melaporkan ke berbagai Perwakilan RI untuk setiap rencana kepulangan TKI ke Tanah Air.
 
"Justru soal ini yang menyulitkan nanti di lapangan. Seandainya mereka tidak menunjukkan bukti telah melapor ke Perwakilan RI. Tapi, secara pribadi saya sangat tidak keberatan dan akan mempersilahkan TKI pulang mandiri ke daerah asal walau tanpa bukti laporan ke Perwakilan RI,” tuntas dia.

(Nky / Nky)
Diurutkan berdasarkan:
Rabu, 14 November 2012 08:00 WIB
putri

asslmkm trimksh atas kebijaksanaanya oh ya klu pulang 18 desember aku bisa bebs plng mandiri dong yah makasih sblmnya atas sgala kebijaksanaannya wslm

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini