00:52 WIB
Rabu, 1 Oktober 2014
Sabtu, 15 September 2012 10:17 WIB

UT Jember Berikan 140 Kursi Beasiswa Bidik Misi

Arif Purba
Hj. Suparti, Kepala UPBJJ-UT Jember (Jaringnews/Arif Purba)
Hj. Suparti, Kepala UPBJJ-UT Jember (Jaringnews/Arif Purba)

Beasiswa juga mencakup biaya hidup.

JEMBER, Jaringnews.com - Universitas Terbuka (UT) Jember mendapat kuota 140 kursi beasiswa program Bidik Misi (Beasiswa Pendidikan Masyarakat Miskin). Kuota beasiswa Bidik Misi itu akan diberikan kepada mahasiswa tahun ajaran 2012 ini. Para peserta yang lulus, akan diberikan biaya hidup Rp 600 ribu/bulan plus Rpo 500 ribu/semester untuk uang dukungan belajar.

Beasiswa itu akan diberikan kepada mahasiswa program studi S-1 Agribisnis dan S-1 Komunikasi. Sumber dana beasiswa Bidik Misi itu, 50 kursi diantarannya dari pemerintah pusat dan 90 kursi lainnya baiayai oleh UPBJJ-UT Jember melalui dana Coorporate Social Responbility (CSR).

Kepala UPBJJ-UT Jember, Hj. Suparti, anggaran beasiswa melalui dana CSR diperoleh dari bantuan pihak ketiga, seperti bank BRI, bank BPN, bank Mandiri, dan PT Pos. "Universitas Terbuka juga mengalokasikan anggaran untuk beasiswa bidik misi tersebut," jelas Suparti, Sabtu (15/9).

Suparti menerangkan, jatah beasiswa bidik misi sebanyak 50 kursi itu diprioritaskan bagi warga Jember dan kabupaten sekitarnya seperti Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang, juga bisa mendapatkan program beasiswa Bidik Misi.

"Program beasiswa Bidik Misi ini memang sengaja dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk memberikan kesempatan lulusan SMA/SMK yang berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan Sarjana," papar Suparti, Sabtu (15/9).

Suparti menambahkan, beasiswa Bidik Misi tidak hanya memberikan pembebasan biaya kuliah saja, juga memberikan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa sebesar Rp 600 ribu/bulan plus uang dukungan belajar Rp 500 ribu/per semerster bagi setiap mahasisiwa yang lulus tes penerima beasiswa.

"Dengan program beasiswa bidik misi ini, saya berharap anak-anak dari masyarakat kurang mampu bisa melanjutkan ke jenjang sarjana seperti yang dinikmati kalangan orang mampu. Dengan begitu, tercipta pemerataan kesempatan mengecam pendidikan tinggi di seluruh lapisan masyarakat," tutup Suparti.

(Arp / Deb)
Diurutkan berdasarkan:
Sabtu, 2 Maret 2013 13:49 WIB
Aris Erfanda

apakah program biayasiswa juga perlaku untuk program studi S-1 PGTK

Minggu, 3 Maret 2013 14:59 WIB
indra

saya adlah slah satu mahasiswa ut yg beruntung,karnamendapatkan biasiswa prvinsi, tpi syang nya program tersebut kok berantakan ya? katanya sih dapat,tpi penyerahan uang nya kok di persulit,dan kyaknya ada yg di sembuyikan d pusat,skarang syah sudah smester 6 tp masih mendapatkan 1 kali penyerahan yg nominalnya adalah 2.2 jt pdahal seharusnya 3jta,(tdak tau d potong untuk pa) saya mohon dengan sangat mohon d tinjau kembali program beasiswa ini

Senin, 15 Juli 2013 18:59 WIB
FENDY SUGIARTO

PAK MINTA NOMOR HAPENYA SUPAYA SAYA BISA TATAP MUKA DENGAN PENGURUS PUSAT CABANG JEMBER UT KARENA BEASISWA SAYA TIDAK KELUAR PADAHAL SEHARUSNYA SUDAH KELUAR (DIPERSULIT OLEH PENGURUSNYA)085330093711

Selasa, 23 Juli 2013 23:13 WIB
khoirul anam

saya merupakan karyawan di salah satu mitra kerja khusnya dijember,pertanyaan saya 'bagaimana langkah awal masuk pada UT dan memperoleh besisiwa tersbut. terima kasih

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini