08:03 WIB
Minggu, 26 Oktober 2014
Rabu, 27 Juni 2012 12:55 WIB

Amien Rais: Bung Karno Pemimpin Idola Saya

Ralian Jawalsen Manurung
Presiden Pertama RI, Soekarno
Presiden Pertama RI, Soekarno

"Kita masuk dalam masa VOC kedua."

JAKARTA, Jaringnews.com - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengaku sangat mengagumi sosok kepemimpinan Soekarno. "Bung Karno adalah salah satu pemimpin idola saya, dan saya membaca seluruh buku Soekarno dari Sarinah, sampai di Bawah Bendera Revolusi," ujar Amin dalam diskusi bertajuk Bung Karno: Gagasan dan Tindakan Tentang Kepemimpinan dan Sosiodemokrasi di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Rabu (27/6).

Mantan Ketua MPR itu mengatakan, kepemimpinan Soekarno sangat positif untuk diaplikasikan di masa kini dan masa yang akan datang. Menurut dia, sosiodemokrasi yang diyakini adalah sosialisme. "Ada dua tokoh menulis sosialisme, mereka HOS Cokroaminoto dan Ruslan Abdul Gani, dan yang lain banyak tapi mutunya kurang."

"Bung Karno punya sikap dan berani keluar dari PBB, dan dia buat organisasi sejenis PBB, dan bahkan keluar dari konteksnya itu. Bung Karno sangat sangat sadar tidak setiap pemimpin yang memiliki kesadaran seperti itu," ujarnya.

Dia mengatakan, Undang-Undang Minyak dan Gas, UU Perbankan, UU Penanaman Modal, semua mensuburkan kepentingan bangsa di bawah kepentingan global. "Yang kita lakukan ekonomi perjongosan, perbudakan, dan gendeng-gendengan. Saya sudah lakukan (untuk mengubah itu), tapi saya seperti berteriak di tengah padang pasir," ujar Amien.

Sayangnya, Amien mengatakan, pemikiran Bung Karno yang sangat brilian dalam membangun Indonesia yang dicita-citakan sampai saat ini dibuang ke tong sampah. "Kita masuk dalam masa VOC kedua," tambahnya.

(Ral / Nky)
Diurutkan berdasarkan:
Kamis, 28 Juni 2012 19:17 WIB
Akbar PAN Bima

Saat ini kepemimpinan nasional membutuhkan figur yang berani dan pengayom seperti Soekarno, tetapi bukan eks Bayi Kelonan Orde Virus seperti Prabowo yg memiripkan diri dengan Putera Fajar.

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini