05:39:39 WIB
Selasa, 30 Mei 2017
Senin, 24 April 2017 , 09:14 WIB

Kopassus Juarai Komando Run

Karina Utami
83227-Komando Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kopassus TNI AD)
Komando Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kopassus TNI AD)

Prajurit Kopassus merajai Komando Run untuk kategori lari 10 km dan lari 5 km kelompok putra umum.

JAKARTA, Jaringnews.com - Sebanyak 4.000 pelari  mengikuti “Komando Run 2” yang digelar oleh Kopassus di Lapangan Banteng, Jakarta. Lomba yang terbagi dalam 4 kategori, yaitu lari 5 km, 10 km, 21 km (half marathon) dan 65 km (ultra marathon) ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-65  Kopassus yang diperingati setiap tanggal 16 April.  

Lari marathon 65 K (ultramarathon) yang dilepas oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI Madsuni sejak pukul 22.00 WIB, tanggal 22 April 2017 menempuh rute yang agak berbeda dari tahun sebelumnya. Sementara itu tanggal 23 April 2017, pagi harinya mantan Kasum TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo dan Danjen Kopassus juga melepas lomba lari half marathon 21 km, lari 10 km dan lari 5 km dari tempat start yang sama di Lapangan Banteng Jakarta.

Lari marathon 65 km menempuh rute Lapangan Banteng – Makopassus – Lapangan Banteng, sedangkan untuk lari half marathon 21 km menempuh rute Lapangan Banteng – Patung Pemuda – Lapangan Banteng, untuk lari 10 km menempuh rute Lapangan Banteng – Bundaran Hotel Indonesia – Lapangan Banteng, sedangkan untuk lari 5 km menempuh rute Lapangan Banteng – Monas – Lapangan Banteng. 

Prajurit Kopassus merajai Komando Run untuk kategori lari 10 km dan lari 5 km kelompok putra umum.  Mereka berasal dari Grup 1 Kopassus Serang yaitu Sdr. Alif Hindrawan yang keluar sebagai Juara 1 Lari 10 km dengan catatan waktu 34 menit 56 detik meraih hadiah sebesar 5 juta rupiah, dan Sdr. Budi Mandolin yang  keluar sebagai Juara 1 Lari 5 km dengan catatan waktu 15 menit 21 detik meraih hadiah sebesar 5 juta rupiah.

Dibandingkan tahun lalu catatan waktu yang ditempuh oleh Sdr. Alif Hindrawan sedikit mengalami penurunan, meskipun yang bersangkutan saat itu hanya meraih peringkat 4 kategori lari 10 km. 

Lomba lari yang digelar untuk ke 2 kalinya ini mengambil tema : “The Military Atmosphere Running”, dengan tujuan untuk mendekatkan prajurit Kopassus dengan masyarakat, sehingga memantapkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyatnya. Olah raga lari yang saat ini sedang digemari olah masyarakat Indonesia, menjadi wahana yang sangat positif bagi pembinaan watak dan karakter generasi muda Indonesia.

Running events telah tumbuh dan menjadi besar di Jakarta, umumnya di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Kini peminatnya semakin bertambah seiring dengan jumlah lomba lari yang praktis ada setiap pekan. Merujuk pada fenomena tersebut, maka ide manunggal Kopassus dengan rakyat mendapat tempatnya pada event lari. Momentum ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk terus membangun kedekatan Kopassus dengan masyarakat serta meneguhkan posisi Kopassus sebagai bagian dari TNI yang lahir dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat.

Kegiatan Komando Run 2 ini juga dimeriahkan dengan atraksi demostrasi terjun bebas (free fall), band dan artis lokal serta berbagai door-prize hadiah menarik lainnya seperti sepeda motor dan sepeda gunung.

( Kar / Deb )

Komentar