16:42 WIB
Rabu, 26 November 2014
Rabu, 19 September 2012 19:10 WIB

Kenang Tragedi Hillsborough, 96 Balon Dilepas Pada Laga Liverpool vs MU

Nico Arief Jauhari
Suporter Liverpool di Stadion Anfield yang terus menuntut keadilan terkait tragedi Hillsborough
Suporter Liverpool di Stadion Anfield yang terus menuntut keadilan terkait tragedi Hillsborough

"Tribut ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk menunjukkan penghormatan mereka kepada para korban," kata Direktur Liverpool Ian Ayre.

LIVERPOOL, Jaringnews.com - Sebanyak 96 balon akan dilepas jelang laga big match Liga Primer Inggris antara Liverpool kontra Manchester United di Anfield, Minggu (23/9) mendatang. Hal itu dilakukan untuk mengingat para korban tewas tragedi Hillsborough, 23 tahun silam.

Penghormatan itu diadakan setelah Hillsborough Independent Panel mengungkapkan sebuah laporan pada pekan lalu. Mereka melaporkan bahwa Kepolisian South Yorkshire telah memberikan informasi salah kepada politisi, Irvine Patnick, yang menjadi narasumber The Sun dalam artikel berjudul "The Truth".

Laporan yang dibuat kepala peradilan, Peter Taylor dan dipublikasikan setahun setelah kejadian tersebut, menunjukkan penyebab utama terjadinya tragedi Hillsborough adalah karena kegagalan polisi dalam mengontrol situasi. Bukan akibat suporter mabuk yang selama ini dilaporkan kepolisian.

Dan, dengan terungkapnya kebenaran tersebut, The Reds ingin memberikan penghormatan kepada 96 korban tewas Hillsborough sebelum laga kontra United. Pembicaraan tengah berlangsung antara Direktur Liverpool Ian Ayre dan ketua eksekutif United, David Gill.

Tribut itu juga akan didukung oleh Hillsborough Family Support Group, Hillsborough Justice Campaign dan Hope for Hillsborough. Selain itu, pihak Liverpool juga telah menyiapkan mosaik di tiga sisi stadion Anfield sebelum peluit babak pertama dibunyikan.

"Ini merupakan kesempatan pertama yang kami miliki sebagai klub sepakbola untuk memberikan tribut di Anfield demi apa yang banyak orang telah lakukan seperti para fans, keluarga dan beberapa orang lainnya," kata Ayre.

"Tribut ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk menunjukkan penghormatan mereka kepada para korban," tuntasnya.

Tragedi Hillsborough terjadi pada 15 April 1989, saat Liverpool menghadapi Nottingham Forest di semifinal Piala FA. Salah satu tribun Stadion Hillsborough yang disebut Leppings Lane runtuh.

Stadion itu dimiliki klub Sheffield Wednesday di Yorkshire, utara Inggris. Akibat kejadian tersebut sebanyak 96 suporter Liverpool meninggal dunia karena berdesakan, terjepit hingga terinjak.

(Naj / Riz)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini