09:00 WIB
Senin, 15 September 2014
Selasa, 3 Januari 2012 19:38 WIB

Akil Muchtar Minta Polisi Pidanakan Andi Nurpati

Helena Tan
Akil Muchtar (Antara/Jaringnews)
Akil Muchtar (Antara/Jaringnews)

Enggak ada alasan lagi untuk tidak tetapkan si AN (Andi Nurpati) sebagai tersangka

JAKARTA, Jaringnews.com - Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Muchtar mengatakan tidak ada alasan lagi bagi penyidik kepolisian untuk tidak menetapkan Andi Nurpati sebagai tersangka dalam kasus pemalsuan surat dokumen MK.

Menurutnya, dengan jatuhnya vonis kurungan 1 tahun penjara bagi Masyuri, maka status Andi Nurpati sudah sepatutnya meningkat dari saksi menjadi tersangka.

"Adanya vonis Mashuri berarti orang yang buat sudah dihukum, harusnya pengguna (KPU) dikenai juga. Enggak ada alasan lagi untuk tidak tetapkan si AN (Andi Nurpati) sebagai tersangka," kata Akil Muchtar di Gedung MK, Selasa (3/1).

Polisi, kata Akil, boleh saja mengatakan kasus tersebut belum memiliki cukup bukti untuk menjerat Andi. Namun putusan pengadilan hari ini memberikan cukup bukti sejauh mana keterlibatannya.

"Ini menjawab problem kesulitan polisi tentang benar tidaknya surat palsu. Yang penting, konstruksi pembuat supal [surat palsu] sudah ada," ujar Akil.

Akil mengingatkan, dalam putusan Masyuri, nama Andi juga disebut. Mulai dari pihak yang menerima salinan dokumen melalui fax dan menggunakan dokumen itu dalam sejumlah rapat pleno, termasuk rapat pleno yang dipimpinnya sendiri.

"Lalu alasan hukum apa lagi, yang harus ditunggu oleh penyidik. Kalau ada alasan, tidak ada kaitannya dengan hukum," katanya.
 

(Hal / Apr)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini