10:56 WIB
Jumat, 22 Agustus 2014
Minggu, 2 Juni 2013 17:41 WIB

BKD Jepara Belum Angkat Pejabat Pengganti Edy Sutoyo

Rhobi Shani
Kantor DBMPESDM Kabupaten Jepara (Jaringnews/Rhobi Sani)
Kantor DBMPESDM Kabupaten Jepara (Jaringnews/Rhobi Sani)

Kejati Jawa Tengah belum melayangkan surat resmi berkait penetapan Edy Sutoyo sebagai tersangka kasus korupsi.

JEPARA, Jaringnews.com – Surat penetapan Kepala Dinas Marga Pengairan dan Energi Sumber Daya Mineral (DBMPESDM) Kabupaten Jepara Edy Sutoyo sebagai tersangka kasus korupsi dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah belum diterima Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara. Akibatnya, BKD Jepara belum bisa mengangkat pejabat pengganti tersangka kasus korupsi proyek pemeliharaan jalan raya tersebut. Hal tersebut disampaikan Kepala BKD Jepara Abdul Syukur.

“Secara resmi surat penetapan Edy sebagai tersangka belum kami terima. Kabar tersangka masih lewat surat kabar, jadi belum bisa kami gunakan untuk mengganti beliau,” ujar Syukur di Jepara, Minggu (2/6).

Lebih lanjut Syukur menyampaikan, pengangkatan Pelaksana teknis (Plt) Kepala Dinas BMPESDM harus ada surat resmi dari Kejati yang menyatakan bahwa yang bersangkutan (Edy Sutoyo) telah ditetapkan sebagai tersangka. Hal tersebut sesuai dengan isi dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan dan UU Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian.  

Syukur menambahkan, tiga pegawai negeri sipil (PNS) di lingungan Dinas BMPESDM yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Kejati sebagai tersangka dalam kasus yang sama, jabatannya sudah digantikan oleh pegawai di dinas yang sama.

Tiga PNS yang tersangkut kasus korupsi yaitu Kabid Pengairan Suko Santoso, Sub Bagian Umum dan kepegawaian Son Anjar Kumara, dan Kepala UPT Wilayah III Kecamatan Pecangaan dan Kedung Abdur Rachim.  

“Karena sudah ada surat penetapan, maka Suko Santoso digantikan Sahli. Son Anjar Kumara digantikan Kusminyato, dan Abdur Rachim diganti Suharto. Semua pengganti Plt ketiganya dari DBMPESDM,” papar Syukur.

Sedangkan untuk pengganti Edy Sutoyo, BKD Jepara menunggu surat penetapan dari Kejati. Meski belum ditunjuk Plt pengganti Edy, Syukur memastikan proyek pembangunan yang dikerjakan oleh Dinas BMPESDM tahun ini tetap berjalan lancar.

“Meski sedang tersandung kasus, pelayanan harus tetap berjalan dan pembangunan tidak boleh berhenti,” tukas Syukur.

(Rhs / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari