05:43:26 WIB
Selasa, 30 Mei 2017
Sabtu, 15 April 2017 , 11:36 WIB

2.074 Migran Kembali Diselamatkan dari Laut Tengah

Johannes Sutanto de Britto
83047-Ribuan migran di Calais (Foto: Ist)
Ribuan migran di Calais (Foto: Ist)

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi, tahun ini sudah hampir 32.000 migran yang tiba di Eropa melalui laut.

ROMA, Jaringnews.com - Lebih dari 2.000 migran yang berupaya mencapai Eropa ditarik dari Laut Tengah dalam serangkaian penyelamatan dramatis, sementara satu orang ditemukan tewas.

Seorang juru bicara dinas penjagaan pantai Italia mengatakan 19 misi penyelamatan oleh penjaga pantai atau kapal-kapal yang dioperasikan oleh berbagai organisasi nirlaba telah menyelamatkan 2.074 dari 16 perahu karet serta tiga perahu kayu kecil.

Yayasan amal yang bergerak di bidang medis, Medecins Sans Frontieres (MSF), mengatakan melalui Twitter bahwa satu remaja ditemukan tewas di sebuah perahu karet, yang para penumpangnya diselamatkan oleh kapal milik yayasan yaitu Aquarius.

"Lautan masih jadi kuburan," kata MSF dalam kicauannya.

Juru bicara badan penjaga pantai membenarkan bahwa satu orang meninggal, namun ia tidak memberikan keterangan lebih rinci.

MSF mengatakan dua dari kapal-kapal mereka, yaitu Aquarius dan Prudence, telah menyelamatkan sekitar 1.000 di sembilan perahu.

Tayangan video memperlihatkan para penyelamat sedang terjun ke laut di perairan Libya untuk membantu para migran.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi, tahun ini sudah hampir 32.000 migran yang tiba di Eropa melalui laut. Lebih dari 650 di antaranya meninggal dunia atau hilang.

( Deb / Deb )

Komentar