07:45:56 WIB
Senin, 27 Maret 2017
Kamis, 12 Januari 2017 , 11:29 WIB

DK PBB Kutuk Rentetan Teror Bom di Afghanistan

Johannes Sutanto de Britto
81426-Logo PBB
Logo PBB

Pemerintah Afghanistan gagal menjamin keamanan di dalam negeri.

NEW YORK, Jaringnews.com - DK PBB mengutuk dengan keras serangan teror yang terjadi di beberapa tempat di Afghanistan sehingga menewaskan serta melukai puluhan orang.

Diketahui, dua ledakan bom bunuh diri yang mengguncang Ibu Kota Afghanistan, Kabul, menewaskan 28 orang dan melukai banyak orang lagi.

Kelompok santri Taliban telah mengaku bertanggung-jawab atas serangan tersebut.

Dua ledakan lainnya mengguncang tempat tinggal gubernur Provinsi Kandahar. Duta besar Uni Emirat Arab untuk Afghanistan dan gubernur Kandahar termasuk orang yang cedera.

Dewan Keamanan PBB pun mendesak semua negara agar bekerjasama secara aktif dengan Pemerintah Afghanistan dan semua pemerintah lain terkait mengenai kasus itu.

Anggota DK, yang kembali menyatakan setiap aksi terorisme adalah kejahatan dan tak bisa diterima baik, menyeru negara anggota agar memerangi dengan segala cara ancaman terhadap keamanan dan perdamaian internasional akibat aksi pelaku teror.

Pemerintah Afghanistan dikeritik karena gagal menjamin keamanan di negeri tersebut setelah lebih dari tiga puluh orang, kebanyakan warga sipil kehilangan nyawa mereka dalam serangan yang mengguncang Kabul dan Kandahar, kota besar utama di bagian selatan negara yang dicengkeram pertempuran itu pada Selasa.

Pada Selasa malam, dua ledakan lain di satu wisma tamu Pemerintah Provinsi Kandahar menewaskan 11 orang termasuk wakil gubernur dan melukai 123 orang lagi.

( Deb / Deb )

Komentar