21:16 WIB
Kamis, 24 April 2014
Selasa, 21 Agustus 2012 15:16 WIB

Iran Upgrade Rudal Jarak Pendek Fateh-110

Johannes Sutanto de Britto
Presiden Mahmoud Ahmadinejad di hadapan sekelompok pejabat pertahanan (AFP/HO/Khamenei IR)
Presiden Mahmoud Ahmadinejad di hadapan sekelompok pejabat pertahanan (AFP/HO/Khamenei IR)

Rudal ini mencerminkan peningkatan kemampuan militer Iran.

TEHERAN, Jaringnews.com - Presiden Iran menyaksikan peluncuran rudal jarak pendek Fateh-110 atau Conqueror pada Selasa ini atau hanya beberapa minggu setelah percobaan serupa dikecam berbagai kalangan internasional.

"Rudal ini mencerminkan peningkatan kemampuan militer Iran yang ditujukan untuk "pertahanan" dan "pencegahan," tegas Mahmoud Ahmadinejad di hadapan sekelompok pejabat pertahanan.
        
Ia menegaskan bahwa baik Amerika Serikat dan Israel adalah sama-sama berpotensi menjadi musuh. Meski AS telah berupaya mengesampingkan serangan militer terhadap program nuklir Iran yang mereka klaim ditujukan untuk mengembangkan senjata nuklir, Iran tetap harus hati-hati.
       
Kantor berita resmi IRNA mengabarkan bahwa versi baru dari Fateh-110 memiliki kemampuan daya luncur yang lebih cepat. Selain itu, rudal ini bisa tahan lama dan dapat digunakan dalam kondisi cuaca yang paling buruk.

Iran  juga mengklaim bahwa pada Agustus lalu berhasil mengujicoba rudal serupa. Pada saat itu dikatakan bahwa  Fateh-110 memiliki akurasi lebih baik untuk daratan dan target angkatan laut dengan jangkauan 300 kilometer atau 185 mil.

Sejak tahun 1992 Iran memang telah berusaha untuk mendirikan sebuah program kemandirian militer. Para pemimpin militer negara itu telah percaya bahwa basis perang di masa depan adalah wilayah udara dan laut. Oleh sebab itu, Teheran terus berusaha untuk meng-upgrade sistem pertahanan udara dan kekuatan angkatan lautnya.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini