02:08:26 WIB
Minggu, 25 Juni 2017
Rabu, 19 April 2017 , 10:38 WIB

Bangun Pasukan Tangguh, China Rombak 84 Korps Militernya

Johannes Sutanto de Britto
83125-Militer China
Militer China

Keputusan Komite Pusat CPC dan CMC terkait perombakan tersebut sangat penting dalam membangun pasukan bersenjata yang kuat melalui reformasi.

BEIJING, Jaringnews.com - Presiden China Xi Jinping merombak 84 korps militer untuk memperkuat pasukan bersenjatanya.

Perombakan itu disampaikan Xi yang juga Sekretaris Jenderal Komite Pusat Partai Komunis China (CPC) sekaligus membawahi Komisi Militer (CMC) dalam pertemuan dengan para pejabat militer di Beijing, Selasa (18/4) malam.

Keputusan Komite Pusat CPC dan CMC terkait perombakan tersebut sangat penting dalam membangun pasukan bersenjata yang kuat melalui reformasi.

Militer juga akan memiliki pengaruh yang kuat untuk mencapai target memperkuat militer dalam upaya membangun angkatan bersenjata berkelas dunia.

Perubahan 84 korps sebagai bagian penting dalam sistem baru itu dimaksudkan Xi untuk melindungi kedaulatan, keamanan, dan kepentingan negara Tirai Bambu tersebut.

Dia juga menegaskan adanya jaminan politik dalam restrukturisasi di tubuh militer, perekrutan anggota militer, dan sikap disiplin demi terciptanya kepercayaan. Xi mengingatkan unit-unit militer memastikan kesiapan tempur dan memperbanyak riset.

Ia pun memerintahkan sejumlah korps untuk melakukan reformasi dan inovasi guna menambah ilmu pengetahuan dalam teknologi militer, meningkatkan latihan pertempuran, melaksanakan pemutakhiran kompetensi militer, dan melakukan efisiensi.

Pada bulan September 2015, pemerintah China telah "merumahkan" 300 ribu tentara dari jumlah keseluruhan personel yang mencapai 2,3 juta orang.

( Deb / Deb )

Komentar