02:07:57 WIB
Minggu, 25 Juni 2017
Sabtu, 15 April 2017 , 10:56 WIB

Semenanjung Korea Makin Panas, Jepang Siap Evakuasi 60.000 Warganya

Johannes Sutanto de Britto
83049-Tentara Korea Utara (Foto:AFP)
Tentara Korea Utara (Foto:AFP)

Jepang berencana mengevakuasi hampir 60.000 warganya dari Korea Selatan.

TOKYO, Jaringnews.com - Dewan Keamanan Nasional Jepang membahas rencana untuk mengevakuasi hampir 60.000 warganya dari Korea Selatan, jika krisis muncul di Semenanjung Korea.

Pembahasan dilakukan di tengah kekhawatiran terkait perogram senjata nuklir Korea Utara.

Diketahui, Korut mulai kebakaran jenggot karena Amerika Serikat telah mengerahkan kapal induk AS ke Semenanjung Korea di tengah kekhawatiran bahwa Korut kemungkinan akan melakukan uji coba nuklir yang keenam kalinya.

Selain kapal dan pesawat komersil, Jepang ingin mengirimkan pesawat dan kapal militer untuk membantu pemindahan para warga negaranya dari Korea Selatan, jika pemerintah Korsel menyetujuinya.

Dewan Keamanan Nasional juga membahas kemungkinan banjir pengungsi dari Korea Utara ke Jepang. Sejumlah mata-mata dan agen intelijen Korea Utara kemungkinan akan menyelip di antara para pengungsi.

Ketegangan telah meningkat sejak Angkatan Laut Amerika Serikat menembakkan 59 peluru kendali Tomahawk ke sebuah pangkalan udara Suriah pekan lalu. Serangan Tomahawk itu menambah kekhawatiran soal rencana Presiden AS Donald Trump terhadap Korea Utara.

Amerika Serikat telah mengeluarkan peringatan bahwa kebijakan AS yang "sabar secara strategis" sudah berakhir.

( Deb / Deb )

Komentar