19:06 WIB
Minggu, 21 September 2014
Jumat, 5 Oktober 2012 12:58 WIB

Anak-anak India Pun Dijadikan Pengemis dan Pelacur

Johannes Sutanto de Britto

Anak-anak di daerah perkotaan yang kumuh mudah diperdaya.

NEW DELHI, Jaringnews.com - Sindikat perdagangan anak di India memang begitu rapi. Tidak mudah bagi aparat polisi untuk membongkarnya. Meski para pejabat polisi India telah mengatakan bahwa mereka telah menyelamatkan ratusan anak-anak dari pabrik dan tempat-tempat prostitusi, tetapi mereka tetap kewalahan membongkar jaringan yang rapi dan teroganisir. Wajar jika masyarakat India menilai negara gagal melindungi anak-anak dari human trafficking.

Detektif federal India mengatakan sebanyak 815 geng yang terdiri dari lebih dari 5.000 anggota terlibat dalam penculikan anak untuk dijadikan pelacur dan pengemis pada tahun lalu.

"Kita sering menemukan anak-anak yang diculik dipaksa untuk bekerja sebagai buruh murah di pabrik-pabrik, toko-toko dan rumah-rumah. Mereka juga dieksploitasi sebagai budak seks atau dijerumuskan ke dalam industri pornografi anak," terang juru bicara kepolisian New Delhi Rajan Bhagat, Jumat, 5/10.

"Geng-geng ini menargetkan anak-anak di daerah perkotaan yang kumuh karena mereka dengan mudah diperdaya. Mereka biasa memancing dengan makanan dan setelah itu menculiknya," imbuhnya.

Keprihatinan pihak kepolisian juga didasarkan pada fakta bahwa beberapa orang tua yang miskin justru takut melaporkan kasus ini ke polisi. Mereka juga enggan menyerahkan foto anak mereka sebagai barang bukti.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini