04:10 WIB
Selasa, 21 Oktober 2014
Rabu, 5 September 2012 17:57 WIB

Indonesia dan Australia Kerjasama Pertahanan dan Keamanan

Ralian Jawalsen Manurung
Ki-Ka; Menhan Australia Stephen Smith, Menhan Indonesia Purnomo Y dan Menteri Urusan Alutsista sekaligus Menteri Dalam Negeri dan Hukum Australia Jason Dean Clare, dalam jamuan makan malam, Jakarta, Selasa, (4/9), (Jaringnews/ Dwi Djoko Sulistyo)
Ki-Ka; Menhan Australia Stephen Smith, Menhan Indonesia Purnomo Y dan Menteri Urusan Alutsista sekaligus Menteri Dalam Negeri dan Hukum Australia Jason Dean Clare, dalam jamuan makan malam, Jakarta, Selasa, (4/9), (Jaringnews/ Dwi Djoko Sulistyo)

Pertemuan ini merupakan langkah yang sangat penting bagi kemajuan kerjasama industri pertahanan antara Indonesia dan Australia.

JAKARTA, Jaringnews.com - Pemerintah Indonesia dan Australian meningkatkan hubungan kerjasama bilateral di bidang pertahanan dan keamanan, di Kantor Kemenhan, Jl. Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (5/9).

Hadir dalam hubungan kerjasama itu, Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro, Menteri Riset dan Teknilogi Gusti Muhammad Hatta dan Wakil Menteri Pertahanan dan Keamanan Sjafrie Sjamsoeddin dan sejumlah pejabat Dirjen Pertahaan dan keamanan.

Sementara itu, Australia diwakili Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhan) Stephen Francis Smith, Menteri Urusan Alutsita sekaligus Menteri Dalam Negeri dan Hukum Australia Jason Dean Clare dan sekjen Dephan Australia Ducan Edward Lewis.

Dalam pertemuan ini dibahas berbagai kemungkinan pelaksanaan kerjasama dalam industri pertahanan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan. Pertemuan ini merupakan langkah yang sangat penting bagi kemajuan kerjasama industri pertahanan antara Indonesia dan Australia.

"Pertemuan industri pertahanan yang pertama antara Indonesia dan Australia ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama Menteri Pertahanan dan juga pelaksanaan kunjungan Menteri Pertahanan RI ke Darwin Australia pada Mei 2012 lalu, "ujar Menhan RI Purnomo Yusgiantoro dalam keterangan persnya kepada wartawan.

Menurutnya, melalui pertemuan ini,  kedua negara ingin meningkatkan kerjasama dalam industri pertahanan masing-masing berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan saling menghargai kedaulatan dan keutuhan wilayah.

Sebelumnya juga telah diberitakan bahwa pada jamuan makan malam bertajuk "“Annual Defence Minister Meeting” di Hotel Four Seasons Jakarta, Selasa, 4/9, disepakati izin Indonesia untuk patroli SAR (search and rescue) Australia di wilayah perairan Indonesia, khusus untuk boat-people (orang-orang perahu pencari suaka).

(Ral / Deb)
Diurutkan berdasarkan:
Kamis, 6 September 2012 14:52 WIB
muhammad

sebuah permulaan yg baik dalam menjalin kerjasama pertahanan antar dua negara terutama dalam bidang anti terorisme dan penyelamatan SAR dan bencana

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini