12:19:34 WIB
Minggu, 25 Juni 2017
Senin, 24 April 2017 , 13:29 WIB

Maduro Sepakat Pemilu Lokal, Bukan Pemilu Presiden

Johannes Sutanto de Britto
83221-Venezuela
Venezuela

Maduro dalam pidato televisi mingguannya mendukung pemilihan yang direncanakan akhir tahun ini di tingkat walikota dan gubernur.

CARACAS, Jaringnews.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyerukan pemilihan lokal di Venezuela, tapi tidak di tingkat presiden seperti tuntutan jutaan orang di negara yang dilanda perselisihan tersebut.

Maduro dalam pidato televisi mingguannya mendukung pemilihan yang direncanakan akhir tahun ini di tingkat walikota dan gubernur.

"Pemilihan ya, saya ingin pemilihan sekarang," katanya.

"Itu yang saya katakan sebagai kepala negara dan sebagai kepala pemerintahan," kata Maduro dalam siarannya yang ditayangkan setelah demonstrasi selama tiga minggu di jalanan yang telah merenggut nyawa 21 orang Venezuela.

Demonstrasi damai dan diam berlangsung di Venezuela karena para pemrotes berpakaian putih menghormati orang-orang yang telah meninggal dunia. 

Demonstrasi yang lebih banyak direncanakan pada Senin ini, sementara para lawan Maduro menginginkannya hengkang dari tampuk kekuasaan.

Saat ini, pemilihan presiden di Venezuela dijadwalkan berlangsung tahun depan. Pemerintah telah mengesampingkan pemungutan suara tahun ini di tingkat presiden seperti yang diminta oleh pemimpin oposisi.

Para pembangkang menyalahkan pemerintah karena terungkapnya ekonomi Venezuela yang rapuh meninggalkan negara ini dengan kekurangan makanan, obat-obatan dan barang-barang dasar.

Percikan yang memicu demonstrasi terkini yaitu upaya Mahkamah Agung untuk mengambil alih kekuasaan Kongres yang didominasi oleh oposisi.

( Deb / Deb )

Komentar