07:43:53 WIB
Sabtu, 22 Juli 2017
Minggu, 23 April 2017 , 19:37 WIB

Demonstran Oposisi Venezuela Hormati 20 Korban Tewas

Johannes Sutanto de Britto
83207-Aksi damai demonstran Venezuela (Foto: Ist)
Aksi damai demonstran Venezuela (Foto: Ist)

Tidak seperti demonstrasi dalam beberapa hari terakhir, demonstrasi di Caracas, Maracaibo, Barquisimeto dan San Cristobal berlalu tanpa kekerasan antara pemrotes dan polisi.

CARACAS, Jaringnews.com - Demonstran Venezuela berpakaian putih turun ke jalan untuk menentang Presiden Nicolas Maduro dan secara khusus memberikan penghormatan kepada 20 orang yang tewas dalam tiga minggu kerusuhan.

Tidak seperti demonstrasi dalam beberapa hari terakhir, demonstrasi di Caracas, Maracaibo, Barquisimeto dan San Cristobal berlalu tanpa kekerasan antara pemrotes dan polisi.

Beberapa perkelahian kecil sebentar terjadi di bagian timur ibukota, ketika polisi memaksa orang-orang kembali dengan gas air mata. 

Seorang jurnalis perempuan mengatakan bahwa dia diserang oleh penduduk setempat di pusat kota dan seorang jurnalis laki-laki ditahan berjam-jam oleh petugas intelijen.

Untuk pertama kalinya sejak gejolak di jalanan mulai bulan April, para demonstran dapat melintasi Caracas, termasuk beberapa distrik yang setia kepada Maduro dan mendiang pendahulunya Hugo Chavez.

Perundingan yang menegangkan terlihat dengan pasukan keamanan yang telah menghalangi langkah mereka untuk mengizinkan mereka melakukan perjalanan ke  tujuan mereka yaitu markas konferensi para uskup Katolik.

Para pemrotes juga berbaris menuju kursi uskup Gereja Katolik di beberapa kota lain di seluruh negeri dengan dijaga ketat oleh polisi dan penjaga nasional.

Oposisi dipandang dekat dengan Gereja, yang oleh pemerintah dituduh melakukan politik penentangannya.

"Protes diam" adalah ujian toleransi pihak berwenang untuk demonstrasi damai.

Oposisi kanan tengah menuduh pemerintah sayap kiri menekan demonstrasi di masa lalu dan mengirim preman bersenjata untuk menyerang mereka.

Banyak demonstran mengenakan kaos putih bertuliskan "kedamaian." Yang lainnya membawa bunga putih atau bendera Venezuela, sementara satu pemrotes memegang salib kayu raksasa.

( Deb / Deb )

Komentar