01:25:26 WIB
Senin, 29 Mei 2017
Rabu, 22 Maret 2017 , 14:26 WIB

Tuh, 99 Persen Jerawat Muncul di Area Wajah

Johannes Sutanto de Britto
82633-Yodium atau makanan asin bisa memicu pertumbuhan jerawat (Foto - health -avenue)
Yodium atau makanan asin bisa memicu pertumbuhan jerawat (Foto - health -avenue)

Jerawat merupakan permasalahan kulit umum yang terjadi pada usia remaja atau fase pubertas.

JAKARTA, Jaringnews.com - Pakar kesehatan wajah dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MH.Kes, FKCCSDan menegaskan jerawat merupakan permasalahan kulit umum di usia remaja atau fase pubertas saat terjadi perubahan hormon.

Jerawat muncul ketika minyak bercampur dengan sel-sel mati dan menyumbat pori-pori kulit.

Ada 10 penyebab timbulnya jerawat, antara lain gangguan hormonal, pola hidup, makanan, merokok dan penggunaan make-up.

Beberapa cara pencegahannya antara lain dengan banyak minum air putih, tidur sebelum pukul 11 malam dan stop merokok 

Menurut data statistik kesehatan dunia (2012), tingkat kehilangan hidup sehat dan berkualitas akibat jerawat, terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu, baik bagi pria dan wanita dari kelompok usia tertentu di Indonesia, dimana terdapat 37% wanita dan 36,5% pria mengalami permasalahan jerawat.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa beban kesehatan yang disebabkan oleh jerawat di Indonesia mencapai puncaknya pada usia 15-19 tahun untuk pria, sementara tingkat beban tertinggi untuk kelompok wanita adalah pada usia 20-24 tahun. Sementara itu,
kelompok usia antara 15-49 tahun adalah jumlah tertinggi yang memiliki permasalahan kulit, terutama jerawat.

“Berdasarkan data tersebut, jerawat merupakan permasalahan kulit umum yang terjadi pada usia remaja atau fase pubertas. Pubertas menyebabkan perubahan kadar hormon yang membuat produksi minyak atau sebum lebih banyak. Jerawat akhirnya muncul ketika minyak tersebut bercampur dengan sel-sel mati dan menyumbat pori-pori kulit," tegasnya.

Ia menegaskan 99 % jerawat muncul pada area wajah, dimana pada wanita dewasa biasanya terjadi pada wajah bagian bawah sedangkan pada remaja putri pada bagian atas wajah.

Ketika campuran tersebut semakin besar dan mendekati jaringan kulit maka akan terjadi pembengkakan, ruam kemerahan, bahkan dapat menimbulkan nanah.

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki tingkat kelembaban yang lebih tinggi, sehingga produksi minyak
cenderung lebih banyak dan menyebabkan permasalahan jerawat terutama di area wajah.

Meskipun jerawat tidak menyebabkan gangguan fisik secara langsung, namun permasalahan ini dapat memimbulkan beban psikologis yang cukup signifikan.

Pada umumnya jerawat muncul pada wajah, dimana hal tersebut dapat mempengaruhi persepsi terhadap keseluruhan penampilan fisik seseorang.

Dengan demikian, banyak masyarakat yang mengalami permasalahan jerawat terbukti memiliki karakter emosional tertentu, seperti
meningkatnya tingkat kecemasan, kemarahan, depresi, dan frustrasi yang mengarah kepada ketidakmampuan psikologis lainnya.

( Deb / Deb )

Komentar