02:33:30 WIB
Kamis, 25 Mei 2017
Minggu, 05 Maret 2017 , 14:32 WIB

Awas, Dampak Kekerasan Anak Tetap Melekat pada Korban

Widyastuti Padmarini
82333-Ilustrasi
Ilustrasi

Beberapa hasil riset menyebutkan bahwa anak-anak yang mengalami trauma kekerasan, apa pun bentuknya, akan tumbuh dengan berbagai masalah perilaku, mulai kecemasan, depresi, agresi, hingga pemberontakan.

JOMBANG, Jaringnews.com - Mensos Khofifah Indar Parawansa menegaskan kasus kekerasan terhadap anak tidak bisa dianggap sepele karena dampak yang ditimbulkan tetap melekat pada korban.

"Kekerasan, entah itu terkait fisik maupun psikis, memiliki dampak yang sama fatalnya bagi kesehatan jasmani dan mental anak," kata Khofifah di Jombang, Jawa Timur.

Menurut Khofifah dampak kekerasan pada anak mungkin tidak terlihat dalam waktu dekat. Namun, seiring berjalannya waktu, dampak dari kekerasan pada anak ini akan terlihat sangat jelas.

Khofifah menerangkan, beberapa hasil riset menyebutkan bahwa anak-anak yang mengalami trauma kekerasan, apa pun bentuknya, akan tumbuh dengan berbagai masalah perilaku, mulai kecemasan, depresi, agresi, hingga pemberontakan.

"Tidak jarang yang sebelumnya menjadi korban bertransformasi menjadi pelaku. Trauma masa lalu yang menjadi penyebabnya," tegasnya.

( Wid / Deb )

Komentar