13:57 WIB
Rabu, 3 September 2014
Selasa, 2 Oktober 2012 10:01 WIB

Terlambat Haid Tidak Selalu Berarti Anda Hamil

Aliza Marcella
Nyeri haid (ilustrasi).
Nyeri haid (ilustrasi).

Ini dia alasan paling umum Anda telat haid.

JAKARTA, Jaringnews.com - Setiap wanita pasti khawatir bila terlambat datang bulan alias haid, kecuali bagi yang sedang mencoba untuk hamil. Kehamilan, biasanya jadi hal pertama yang terlintas saat terlambat datang bulan.

Tapi, apakah kehamilan satu-satunya alasan bagi wanita bila haid terlambat? Seperti dilansir pregnancy.about.com, ini dia alasan paling umum Anda telat haid:

1. Stres
Stres dapat mempengaruhi banyak hal, termasuk periode haid. Saat stres, jumlah hormon Gonadotropin-releasing hormone (GnRH) menurun, yang mengakibatkan tidak berovulasi atau menstruasi. Ada baiknya Anda menghubungi dokter bila masalah seperti ini berkepanjangan.

2. Sakit
Tiba-tiba sakit, sakit ringan maupun sakit berat dapat menyebabkan menstruasi tertunda. Hal ini biasanya bersifat sementara. Konsultasikan dengan dokter jika haid tetap tidak kunjung datang.

3. Rutinitas berubah
Perubahan rutinitas dalam keseharian Anda dapat berpengaruh pada kondisi fisik Anda. Hal ini terutama bila Anda harus berganti shift kerja dari pagi menjadi malam.

4. Perubahan obat
Bila Anda mencoba metode kontrasepsi baru, hal ini dapat mempengaruhi jadwal haid Anda. Peralihan jenis pengontrol kehamilan semacam ini seringkali mempengaruhi proses ovulasi. Hal ini umum terjadi hingga tubuh menyesuaikan dengan pola baru. Bila Anda mengubah obat, pastikan untuk bertanya apa efek obat tersebut.

5. Kelebihan berat badan
Kelebihan berat badan berpengaruh pada sistem hormonal di tubuh. Beberapa wanita yang mengalami kelebihan berat badan bahkan menstruasinya bisa terhenti.

6. Terlalu kurus
Tidak hanya kelebihan berat badan, kurangnya lemak di tubuh Anda juga berpengaruh pada sistem hormonal tubuh. Gangguan hormonal yang disebut amenorrhea ini bisa diatasi dengan melakukan program penambahan berat badan. Masalah ini biasa terjadi pada wanita super sibuk dan atlet.

7. Peri-Menopause
Peri-menopause merupakan periode di mana Anda berada di masa transisi dari usia reproduktif ke usia non-reproduktif. Tak hanya terlambat datang bulan, pada masa ini wanita juga sering mengalami menstruasi yang sedikit tak wajar. Bisa jadi darah yang keluar sangat sedikit, atau bahkan terlalu banyak dibarengi siklus yang sangat tak beraturan. Jika Anda tidak ingin hamil, pastikan terus menggunakan kontrasepsi karena Anda mungkin saja masih subur untuk beberapa waktu.

8. Menopause
Menopause adalah masa ketika Anda mencapai titik tidak lagi mengalami menstruasi. Wanita tak lagi subur atau mengalami ovulasi ketika masuk masa menopause. Menopause bisa terjadi secara alamiah karena faktor usia, tapi bisa juga akibat penyakit atau terapi medis seperti kemoterapi.

(Aml / Nky)
Diurutkan berdasarkan:
Jumat, 14 Desember 2012 12:53 WIB
Igho

Apakah ada pengaruh nya pada datang bulan apabila wanita menelan sperma ? Misalnya, dia telat datang bulan !

Kamis, 28 Maret 2013 07:18 WIB
yati sumiyati

Mw jurhat nich,,,saya Udah satu bln gk datang bulan,terahir datang tgl 10 pebruari kmrn,udah Coba pake tespack,tiga Kali hasilx semua nigatif,Udah coba ke dokter,juga hasilx nigatif,Udah d kasih obat datang bln sama dokter tp Blm jg datang bulan,,yg saya tayakan ap yg terjadi am rahim saya,hamil ap gk:

Kamis, 16 Mei 2013 21:57 WIB
Obat tradiisonal Cepat Hamil

Terimakasih informasinya sangat lengkap sekali !!!

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini