04:38 WIB
Kamis, 23 Oktober 2014
Rabu, 8 Februari 2012 19:18 WIB

Enam Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak

Aliza Marcella
Ilustrasi
Ilustrasi

Sebisa mungkin coba hindari minum kopi yang mengandung kafein.

JAKARTA, Jaringnews.com - Setelah lelah bekerja pasti tubuh meminta haknya untuk beristirahat. Namun, terkadang insomnia acapkali tak tau diri yang datang ketika tubuh remuk redam karena kelelahan. Nah, jika begitu buru-buru menenggak obat tidur, ada cara sederhana yang ampuh untuk segera membawa Anda keperaduan.

Seperti dikutip Female First, ada enam langkah untuk mendapatkan waktu tidur berkualitas.

1. Atur suhu kamar
Pastikan suhu dalam kamar tidur Anda tidak terlalu panas atau terlalu dingin, dan buat kamar anda setenang mungkin. Rancanglah kamar tidur Anda sebagai tempat istrihat yang paling nyaman. Dengan begitu, Anda tak perlu takut lagi akan Insomnia.

2. Disiplin waktu tidur
Sebisa mungkin coba disiplinkan waktu tidur Anda. Jam berapa Anda tidur dan jam berapa Anda bangun. Dengan begitu, tubuh anda akan terprogram untuk tidur lebih baik.

3. Kurangi kafein
Kopi memang nikmat, tapi kadar kafein yang terkandung di dalamnya sangat tidak baik untuk kesehatan. Kafein berlebih akan mengganggu pola tidur dan mencegah Anda untuk tidur nyenyak. Sebagai gantinya, minumlah teh herbal atau susu hangat sebelum tidur.

4. Rileks
Mandi air hangat, berendam sampai mendengarkan musik yang tenang menjadi pilihan yang baik bagi pikiran dan tubuh Anda. Dengan begitu, insomnia pun bisa Anda usir.

5. Musnahkan rasa cemas
Tutup masalah yang sedang menimpa Anda, seperti pekerjaan atau masalah hubungan percintaan. Istirahatkan otak Anda dari berbagai pikiran, agar Anda dapat tidur nyenyak.

6. Banyak Olahraga
Usahakan untuk tertaur melakukan olahraga yang ringan, seperti berenang atau sekedar berjalan kaki yang dapat meringankan stres dan ketegangan.

(Aml / Kru)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari