11:45:30 WIB
Jum'at, 28 Juli 2017
Minggu, 02 April 2017 , 19:26 WIB

Ini Penyebab Kekebalan Tubuh Tidak Berkembang Normal

Johannes Sutanto de Britto
82826-Ilustrasi balita diberi vaksinasi
Ilustrasi balita diberi vaksinasi

Sistem kekebalan tubuh berkembang tidak normal bila saluran cerna tidak dikolonisasi oleh mikrobiota.

DEPOK, Jaringnews.com - Prof Dr dr Badriul Hegar Syarif PhD SpA(K) resmi menjadi guru besar Universitas Indonesia. Dalam pengukuhannya sebagai Guru Besar bidang Pediatric Gastroenterologist, Prof Badriul menyampaikan pidato berjudul Kesehatan Saluran Cerna di Awal Kehidupan untuk Kesehatan di Masa Mendatang.

Prof Badriul menjelaskan kondisi kesehatan saat ini sangat erat kaitannya dengan kondisi saluran cerna di awal kehidupan. Mikrobiota sangat berperan dalam mewujudkan kesehatan saluran cerna.

Sistem kekebalan tubuh berkembang tidak normal bila saluran cerna tidak dikolonisasi oleh mikrobiota.

Kelahiran prematur, bedah caesar, pemberian susu formula, terapi antibiotika terlalu dini, kekurangan gizi, kebersihan bahkan hewan peliharaan merupakan faktor yang dapat menganggu perkembangan mikrobiota saluran cerna bayi.

Saat ini, terminologi yang ada menjadi kelemahan tersendiri bagi masyarakat awam di mana semua produk yang mengandung bakteri diberi nama probiotik.

Padahal kualitas sebagian besar dari produk tersebut tidak terkontrol karena dikomersialisasikan sebagai suplemen makanan.

Meski mikrobiota memberikan hasil positif hanya pada beberapa keadaan, tetapi pada kenyataannya saat ini mikrobiota diberikan kepada berbagai keadaan lain tanpa bukti ilmiah kuat yang mendukung penggunaannya.

Prof Badriul mengembangkan pemikiran akan intervensi mikrobiota pada awal kehidupan yang mungkin dapat mengubah komposisi mikrobiota saluran cerna pada bayi baru lahir serta memberi peluang sebagai pendekatan preventif untuk mengatasi ketidakseimbangan mikrobiota bayi.

( Deb / Deb )

Komentar