05:33:16 WIB
Jum'at, 21 Juli 2017
Minggu, 02 April 2017 , 17:37 WIB

Jantung Koroner Jadi Penyebab Banyak Kematian di Indonesia

Johannes Sutanto de Britto
82825-Ilustrasi
Ilustrasi

Menurut  Profesor Sukman penyakit kardiovaskular khususnya PJK disebabkan oleh suatu proses aterosklerosis berupa penyakit pada lapisan dalam pembuluh darah arteri yang berlangsung lama.

DEPOK, Jaringnews.com - Profesor Bidang Ilmu Kedokteran UI Prof Dr dr Sukman Tulus Putra SpA(K) dalam prosesi pengukuhannya Minggu ini menyampaikan pidato bertajuk Identifikasi dan Intervensi Faktor Resiko Aterosklerosis pada Anak dan Remaja: Upaya Pencegahan Penyakit Kardiovaskular pada Usia Dewasa.

Sukman memaparkan penyakit jantung koroner (PJK) akhir-akhir ini menjadi penyebab kematian yang cukup tinggi di seluruh dunia baik di negara maju maupun negara berkembang, tidak terkecuali Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO memperkirakan pada tahun 2020 PJK akan menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia dibandingkan dengan tahun 1999 yang hanya menempati penyebab kematian di urutan ke-6.

Menurut Sukman penyakit kardiovaskular khususnya PJK disebabkan oleh suatu proses aterosklerosis berupa penyakit pada lapisan dalam pembuluh darah arteri yang berlangsung lama.

Proses tersebut berjalan perlahan-lahan, tidak menimbulkan gejala dan keluhan namun sampai pada akhirnya setelah usia di atas 30-40 tahun dan selanjutnya bila tidak teridentifikasi akan menyebabkan penyumbatan pembuluh koroner jantung dan terjadilah infark miokard yang disebut serangan jantung.

"Bila terjadi penyumbatan pembuluh darah di otak akibat aterosklerosis akan menyebabkan 'stroke' yang juga mempunyai angka kematian yang cukup tinggi," katanya.

( Deb / Deb )

Komentar