05:50:26 WIB
Jum'at, 21 Juli 2017
Senin, 13 Maret 2017 , 09:29 WIB

Duh, Tuberkulosis Indonesia Masih Nomor Dua di Dunia

Johannes Sutanto de Britto
82473-Tuberkulosis
Tuberkulosis

Indonesia menempati nomor 2 di dunia setelah India.

JAKARTA, Jaringnews.com - Tidak semua orang menyadari bahwa penyakit menular tuberkulosis (TB) masih mengancam Indonesia. Bahkan, ada yang mengira penyakit menular, yang dulunya disebut TBC, ini sudah tidak ada lagi di Indonesia.

Nyatanya, Indonesia justru menempati kasus TB nomor 2 di dunia setelah India. Penanganan masalah TB ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi semua pihak (multistakeholders) harus berperan.

Vice President GFO, Johnson & Johnson Asia Pacific Lakish Hatalkar menjelaskan berdasarkan Laporan WHO tahun 2016, jumlah kasus TB di Indonesia telah mencapai 1,6 juta orang, dengan estimasi kasus TB baru di Indonesia sebesar 1 juta setiap tahun, dengan 100.000 kematian per tahun. Hal ini berarti terdapat 273 kematian setiap hari atau 11 kematian setiap jam.

Sementara itu, WHO juga melaporkan bahwa jumlah penderita TB di dunia mencapai 10,4 juta kasus dengan 8,6 juta kasus baru setiap tahun. Penularan TB—yang dipicu kuman Mycobacterium tuberculosis dari percikan dahak pengidap TB yang tersebar di udara setelah batuk berlangsung cepat dan dapat menular kepada 10-15 orang di sekitarnya.

Saat ini, Indonesia masuk dalam urutan 12 dari 28 negara dengan beban TB Resistan Obat (TB-RO) terbesar di dunia (Global TB Report 2015).

Penyelesaian permasalahan TB harus segera dilakukan, tidak hanya oleh pemerintah, tetapi oleh semua pihak (multi-stakeholders), meliputi sektor swasta, masyarakat madani (Lembaga Swadaya Masyarakat-LSM/Civil Society Organization-CSO), dan layanan kesehatan.

( Deb / Deb )

Komentar