01:13:29 WIB
Senin, 20 Februari 2017
Kamis, 12 Januari 2017 , 12:18 WIB

Memprihatinkan, Jumlah Penderita TB di Malang Naik 3,5 Persen

Widyastuti Padmarini

"Untuk meminimalkan kasus TB paru tersebut, kami terus mengkampanyekan TOSS, yakni Temukan, Obati Sampai Sembuh," kata Asih.

MALANG, Jaringnews.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari mengaku prihatin dengan peningkatan jJumlah penderita tuberchulosis (TB) paru di Kota Malang, Jatim selama kurun waktu 2016 yang meningkat sekitar 3,5 persen dari 1.387 kasus pada 2015 menjadi 1.437 kasus.

"Untuk meminimalkan kasus TB paru tersebut, kami terus mengkampanyekan TOSS, yakni Temukan, Obati Sampai Sembuh," kata Asih.

"Pola hidup bersih dan sehat ini juga harus diasertai dengan pola makan bergizi. Bagi penderita kurang mampu bakal diberikan makanan tambahan melalui program makanan tambahan (PMT)," imbuhnya.

Upaya lain yang dilakukan Aisyiyah untuk menanggulangi TB tesrebut, selain memberikan penyuluhan akan pentingnya peningkatan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat, juga telah diberikan Program Makanan Tambahan (PMT) untuk peningkatan gizi bagi masyarakat yang kurang mampu.

Diketahui, penderita TB paru bisa dinyatakan sembuh, jika sudah menjalani pengobatan selama enam bulan berturut-turut tanpa henti, sebab jika penderita melewatkan minum obat satu kali saja dalam sehari, maka pengobatan akan diulang atau dimulai dari nol lagi.

( Wid / Deb )

Komentar