05:18 WIB
Kamis, 2 Oktober 2014
Kamis, 12 Januari 2012 17:12 WIB

Tips Agar Anak Gampang Makan

Karta Raharja Ucu
Ilustrasi
Ilustrasi

Menyajikan makanan yang banyak warna dan bentuk adalah salah satu cara cerdik membuat anak gampang makan.

JAKARTA, Jaringnews.com - Para orangtua pasti senang melihat anaknya makan lahap. Sayangnya, tidak semua anak mudah untuk dibujuk makan. Namun ada cara mudah menggiring anak menyantap makanan yang Anda sajikan.

Ya, salah satu trik untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan menyajikan makanan yang secara visual terlihat menarik bagi anak. Coba untuk menyajikan makanan dengan keseimbangan nutrisi yang memiliki banyak variasi warna dan bentuk.

Pasalnya, anak-anak lebih tertarik pada makanan yang memiliki banyak warna ketimbang yang standar. Untuk itu, menyajikan makanan dengan penuh warna dipercaya bisa mendongkrak nafsu makan anak.

Tapi ingat, selera orang dewasa dengan anak-anak berbeda. Untuk itu, coba pelajari jenis warna apa saja yang menarik untuk anak Anda.

"Sayangnya, banyak orang tua memberikan penyajian makanan yang sama seperti yang mereka suka, untuk anak mereka," ujar Brian Wansink, Cornell university, New York Amerika Serikat.

Seperti disitat dari Daily Mail, dalam sebuah penelitian, Wansink melakukan penelitian fokus pada apa yang membuat anak tertarik pada makanan. Hasilnya, penyajian makanan terkait nafsu makan sangat penting.

Cara tepat untuk menyajikan makanan adalah sangat penting karena hal itu dapat membuat makanan terlihat lebih lezat di mata anak-anak.

Dalam penelitian yang melibatkan 23 anak dan 46 orangtua tersebut, dilakukan metode menunjukan 48 gambar makanan kepada responden.

Penelitian itu menunjukan bila anak lebih memilih makanan yang memiliki variasi warna dan banyak pilihan bentuknya. Berbeda dengan oran dewasa yang lebih memilih makanan dengan tiga warna. Sementara anak diketahui cenderung memilih makanan dengan enam warna.

Selain warna, penempatan makanan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Mereka cenderung memilih menu utama seperti daging yang ditempatkan di depan piring. Dan, lebih tertarik makan ketika menu makanan itu di rangkai dengan cara seperti itu.

Professor Wansink dan rekan-rekan penelitinya dari London Metropolitan University menyarankan orang tua untuk memberikan perhatian lebih pada sentuhan sederhana ini. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal the Acta Paediatrica, menyatakan, para orang tua harus lebih peduli untuk mempersiapkan daging dalam sebuah bentuk seperti senyuman wajah atau berbentuk hati.

"Dibandingkan dengan orang tua, anak-anak tak hanya memilih sebuah hidangan yang mengandung beragam warna, tetapi juga memilih menu utama di depan piring dengan desain yang figuratif," ujarnya.

(Kru / Kru)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari