06:53 WIB
Sabtu, 19 April 2014
Rabu, 23 Mei 2012 14:46 WIB

Dengkur Penyebab Kematian?

Aliza Marcella
Mendengkur
Mendengkur

Adanya hubungan antara kebiasaan mendengkur dengan kanker

SAN FRANSISCO, Jaringnews.com - Apakah Anda tipe orang yang suka mendengkur saat tidur? Nah, jika ya, berarti Anda harus tahu. Studi terbaru mengungkapkan adanya hubungan antara kebiasaan mendengkur dengan kanker.

Dengkur merupakan suara yang dihasilkan oleh getaran struktur pernapasan. Ini terjadi karena saat tidur gerakan udara terhambat saat bernapas.

Dalam beberapa kasus mungkin dengkuran bisa lembut, tapi dapat menjadi keras dan sangat mengganggu. Mendengkur saat tidur bisa menjadi tanda, atau alarm pertama dari obstructive sleep apnea (OSA).

Para peneliti dari Amerika menggunakan data dari penelitian mengenai tidur yang melibatkan 1.522 orang dan menemukan bahwa orang dengan sleep disordered breathing (SDB) berat memiliki risiko 4,8 kali lebih mungkin mengembangkan kanker daripada mereka yang tidak memiliki masalah seperti itu.

Selain itu, hasil penelitian dari University of Wisconsin-Madison juga menunjukkan, orang dengan SBD menengah memiliki risiko dua kali lipat. Sementara orang dengan sedikit masalah pernafasaan saat tidur memiliki kesempatan peningkatan risiko kanker hingga 10 persen.

Hingga kini, gangguan tidur yang paling umum adalah OSA. Sleep apnea juga berkaitan erat dengan sejumlah masalah kesehatan lainnya, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

Temuan ini diperoleh setelah perhitungan berbagai faktor termasuk merokok, jenis kelamin, usia, dan berat badan. Penelitian ini dipresentasikan pada konferensi American Thoranic Society International di San Fransisco, Amerika Serikat.

"Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang menunjukkan terdapat hubungan antara SBD dengan peningkatan risiko kematian akibat kanker berdasarkan sampel populasi," ujar peneliti Dr Javier Nieto seperti dilansir Dailymail.

(Aml / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari