18:47 WIB
Rabu, 23 April 2014
Jumat, 21 September 2012 09:02 WIB

Sehat dan Bugar Ala Lansia

Syahrial Mayus
Pada wanita Lansia, olahraga yang disarankan adalah Yoga. Karena Menurut penelitian, jenis olah raga ini memiliki pendekatan lembut dan disiplin (Foto - travelandescape.ca)
Pada wanita Lansia, olahraga yang disarankan adalah Yoga. Karena Menurut penelitian, jenis olah raga ini memiliki pendekatan lembut dan disiplin (Foto - travelandescape.ca)

Pada wanita Lansia, olahraga yang disarankan adalah Yoga

JAKARTA, Jaringnews.com - Penurunan fisik yang terjadi pada orang tua membuat aktivitas olahraga (untuk memelihara kesehatan) jelas berubah dibanding saat masih muda. Walau demikian, beberapa jenis olahraga berikut dapat menurunkan risiko Lansia terserang beberapa jenis penyakit yang sering muncul (alami) saat orang berusia 70an.

Beda olahraga bagi pria dan wanita tua. Orang berusia 70an pada dasarnya memerlukan jenis olahraga low impact, yakni jenis olahraga ringan yang tetap berfungsi memelihara kesehatan jantung dan organ tubuh lain. Bagi Lansia pria, beberapa studi menganjurkan untuk melakukan kegiatan berjalan secara rutin atau sekitar 20-30 menit setiap hari. Jenis olahraga ini sangat sederhana, namun dapat memberi banyak manfaat kesehatan.

Studi di University of Georgia mengatakan, kegiatan ini bisa mengurangi risiko kecacatan dan menjaga kemampuan fisi orang tua dalam melakukan berbagai tugas harian sebanyak 41%. Jumlah ini tentu saja dibandingkan dengan mereka yang jarang atau bahkan tak pernah melakukan hal ini, seperti dikutip dari Dailymail.

Sebuah studi lain di AS baru-baru ini, mengatakan, kegiatan berjalan yang dilakukan rutin selama tiga kali seminggu selama setahun, dapat meningkatkan kesehatan otak Lansia. Dengan kata lain, menurut studi yang dilakukan oleh University of Pittsburgh ini berpendapat, berjalan menurunkan risiko Lansia mengalami sindrom demensia (Sindrom yang mempengaruhi berbagai gejala kemunduran bahkan kerusakan otak).

Sedangkan pada wanita Lansia, olahraga yang disarankan adalah Yoga. Karena menurut penelitian, jenis olah raga ini memiliki pendekatan lembut, disiplin, dan sangat cocok untuk wanita berusia diatas 70 tahun.
 

(Mys / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari