11:53:41 WIB
Jum'at, 28 Juli 2017
Kamis, 13 April 2017 , 12:33 WIB

Kemendag Komit Jaga Stabilitas Harga dan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok

Johannes Sutanto de Britto
83013-Menteri Perdagangan Enggar T Lukito (Jaringnews/ Dwi Djoko Sulistyo)
Menteri Perdagangan Enggar T Lukito (Jaringnews/ Dwi Djoko Sulistyo)

"Proses permohonan dan penerbitan TDPUD Bapok tidak dipungut biaya administrasi," tegas Mendag.

JAKARTA, Jaringnews.com -  Kementerian Perdagangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan No. 20/M-DAG/PER/3/2017 Tentang Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok yang mulai berlaku 3 April 2017. 

"Permendag ini diterbitkan untuk mengoptimalkan pengendalian stok/pasokan dan kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok yang merupakan kunci penting dalam upaya stabilisasi harga," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Menurut Mendag, para Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok kini diwajibkan mendistribusikan barang kebutuhan pokok untuk memiliki Tanda Daftar Pelaku Usaha Distribusi (TDPUD).

"Yang wajib memiliki TDPUD adalah distributor barang kebutuhan pokok, sub-distributor barang kebutuhan pokok, dan agen barang kebutuhan pokok," jelas Enggar.

Kewenangan penerbitan TDPUD Barang Kebutuhan Pokok berada pada Menteri Perdagangan. Kewenangan ini didelegasikan kepada Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, yang kemudian didelegasikan lagi kepada Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting.

"Proses permohonan dan penerbitan TDPUD Bapok tidak dipungut biaya administrasi," tegas Mendag.

( Deb / Deb )

Komentar