07:08 WIB
Senin, 22 September 2014
Rabu, 29 Agustus 2012 15:39 WIB

Gaji Rp3 Juta Perbulan Diusulkan Tidak Kena Pajak

JaringNews
Harry Azhar Azis
Harry Azhar Azis

Harry akan membawa usulan batas nominal PTKP ini ke dalam rapat kerja bersama Kemenkeu paling lambat dua pekan mendatang.

JAKARTA, Jaringnews.com - DPR akan mengusulkan kenaikan batas Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari yang diusulkan Pemerintah Rp2 juta menjadi Rp3 juta. Soal ini akan dibicarakan oleh DPR dengan Menteri Keuangan dalam rapat kerja beberapa hari mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Azis hari ini (29/8) ketika ditemui di DPR. "Saat ini saya melihat dari teman-teman di Komisi XI sudah ada pemikiran adanya penambahan dari usul pemerintah yang sebesar Rp2 juta per bulan," kata Harry.

Menurut Harry, sejumlah anggota DPR menilai penetapan PTKP sebesar maksimal Rp2 juta per bulan tidak memenuhi unsur keadilan. Mengingat, saat ini pendapatan sebesar Rp2 juta per bulan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan yang layak.

"Kalau menurut saya pribadi, angka maksimum pendapatan tidak kena pajak sebesar Rp3 juta per bulan," ucapnya.

Rencananya, kata Harry, Komisi XI DPR akan membawa usulan batas nominal PTKP ini ke dalam rapat kerja bersama Kemenkeu paling lambat dua pekan mendatang. "Hari ini rencana usulan tersebut masih dalam pembahasan dan penyusunan di tingkat internal Komisi XI. Senin pekan depan akan rapat di Komisi dan saya pikir pekan depannya lagi akan dibicarakan bersama Menteri Keuangan," imbuh dia.

Beberapa waktu lalu Direktur Jenderal Pajak, Fuad Rahmany menegaskan bahwa kenaikan PTKP dari Rp15 Juta per tahun menjadi Rp24 juta per tahun akan mengundurkan pemberlakuan pengenaan PTKP, dari sebelumnya September 2012, menjadi awal 2013. Rencana pengunduran ini terkait dengan upaya pemerintah untuk menghindari kenaikan PTKP pada tahun fiskal berjalan dan meningkatkan sosialisasi.

(Ben / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini