21:23 WIB
Kamis, 30 Oktober 2014
Rabu, 18 April 2012 18:41 WIB

Indonesia Pasar Tertinggi Industri Farmasi

Pius Lima Klobor
Ilustrasi farmasi
Ilustrasi farmasi

Diperkirakan pada tahun 2014, industri farmasi akan tumbuh mencapai USD 6,1 miliar dari USD 3,7 miliar pada tahun 2010.

JAKARTA, Jaringnews.com - Dengan jumlah penduduk yang diperkirakan mencapai 650 juta, Asia Tenggara merupakan pasar yang potensial pertumbuhan sektor industri farmasi. Demikian halnya Indonesia, dinilai memiliki pangsa pasar yang tergolong besar yakni sekitar 37 persen. Namun demikian, Indonesia masih mengimpor lebih dari 95 persen bahan baku farmasinya, terutama dari China, India, dan Eropa.

"Asia Tenggara merupakan pasar dengan pertumbuhan industri farmasi yang cukup tinggi," ujar Managing Director ASEAN Business UBM Asia, M Gandhi dalam keterangan persenya, Rabu (18/4/2012).

Sambungnya, "Proyeksi nilai pasar farmasi di Indonesia akan mencapai Rp 44 triliun. Kami menyadari bahwa masih banyak tantangan bagi industri untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas, layak dan berkesinambungan."

Demikian halnya Ketua Umum Pharma Materials Management Club (PMMC) dan Wakil Sekretaris Jenderal GP Farmasi Indonesia, Kendrariadi Suhanda. Menurut dia, Indonesia merupakan salah satu dari dua negara (Vietnam) di ASEAN yang mengalami pertumbuhan pasar yang sangat baik.

"Indonesia dan Vietnam akan mengalami pertumbuhan industri farmasi hingga dua digit. Pada tahun 2014, industri farmasi akan tumbuh mencapai sekitar USD 6,1 miliar dari USD 3,7 miliar pada tahun 2010," kata Kendrariadi.

Melihat geliat pasar farmasi yang positif tersebut, direncanakan akan digelar pameran niaga, industri farmasi atau CPhI (Convention on Pharmaceutical Ingredients) Asia Tenggara di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta 10-12 Mei 2012.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghadirkan para pemasok industri farmasi dari berbagai belahan dunia untuk bertemu dengan para pengambil keputusan dan profesional farmasi di Indonesia dan seluruh kawasan Asia Tenggara.

"Indonesia adalah lokasi yang ideal diselenggarakan event CPhI ini," sebut Gandhi.

"Kami menyambut baik kehadiran CPhI Southeast Asia di Jakarta," tambah Kendrariadi.

(Pio / Pio)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini