07:47:19 WIB
Sabtu, 22 Juli 2017
Sabtu, 04 Maret 2017 , 13:35 WIB

FED Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga

Widyastuti Padmarini
82317-Janet Yellen
Janet Yellen

The Fed dijadwalkan mengadakan pertemuan kebijakan moneter berikutnya pada 14 dan 15 Maret.

WASHINGTON, Jaringnews.com - Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen mengisyaratkan bahwa kenaikan suku bunga dalam pertemuan kebijakan moneter bulan ini kemungkinan akan tepat jika ekonomi berkembang sejalan dengan ekspektasi para pejabat.

"Pada pertemuan kami akhir bulan ini, Komite (Pasar Terbuka Federal) akan mengevaluasi apakah ketenagakerjaan dan inflasi terus berkembang sesuai dengan harapan kami, dalam hal penyesuaian lebih lanjut dari suku bunga federal fund kemungkinan akan menjadi tepat," kata Yellen dalam pidatonya di Klub Eksekutif Chicago.

The Fed dijadwalkan mengadakan pertemuan kebijakan moneter berikutnya pada 14 dan 15 Maret.

Yellen memberi penilaian ekonomi positif: tingkat pengangguran berada di 4,8 persen pada Januari, sejalan dengan perkiraan pejabat Fed; prospek ekonomi tampak menggembirakan karena risiko-risiko dari luar negeri surut; dan tingkat inflasi meningkat hampir 2,00 persen, target Fed, pada Januari.

Yellen juga memperingatkan bahwa menunggu terlalu lama untuk menaikkan suku bunga bisa memaksa bank sentral untuk bertindak cepat dalam menanggapi risiko-risiko ekonomi, yang pada gilirannya bisa berisiko mengganggu pasar keuangan dan mendorong ekonomi ke dalam resesi.

( Wid / Deb )

Komentar